PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MEREDAKAN NYERI SEDANG PADA PASIEN UNSTABLE ANGINA PECTORIS (UAP) DI RUANG JANTUNG RSUD H ABDUL MANAP JAMBI

Lendra Apriansyah, Dini Rudini

Abstract


Salah satu penyakit kardiovaskuler yang dapat menyebabkan kematian adalah Unstable angina pectoris (UAP) dimana merupakan salah satu bagian dari penyakit jantung koroner dimana ditandai dengan nyeri dada yang dirasakan secara tiba-tiba yang diakibatkan karena pembuluh darah jantung tidak mampu untuk menyuplai oksigen ke jantung secara adekuat, dikarenakan terbentuknya plak di dalam pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menyempit atau obstruksi. Melihat kondisi tersebut asuhan keperawatan pada pasien Unstable Angina Pectoris  (UAP) perlu dilaksanan karena gejala khas yang timbul saat serangan adalah nyeri pada dada. Intervensi Penerapan Teknik Relaksasi Untuk Meredakan Nyeri Sedang Pada Pasien Unstable Angina Pectoris (UAP) Di Ruang Jantung Rsud H Abdul Manap Jambi. Intervensi dilakukan selama tiga hari secara langsung di RSUD H Abdul Manap Kota Jambi. Hasil dari intervensi didapatkan adanya perubahan skala nyeri pada pasien dimana awalnya skala 6 menjadi skala 2.  Teknik relaksasi yang sudah dilakukan juga akan diterapkan pasien ketika nyeri dada muncul kembali.

 

Kata Kunci : Nafas dalam, Benson, Nyeri, Unstable Angina Pectoris


References


Fajar Agung Nugroho. Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jantung Dengan Metode Forward Chaining. J I M P - J Inform Merdeka Pasuruan. 2018;1(2):75–9.

Eva Wahyuni Sk. Asuhan Keperawatan Nyeri Pada Tn. J Dengan Uap (Unstable Angina Pectoris) Dan Penerapan Terapi Relaksasi Benson Di RSUD DABO. STIKES HANG TUAH TANJUNGPINANG. 2022;1–23.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI). panduan evaluasi dan tatalaksana angina pectoris stabil. Indones Hear Assos. 2019;

Tyasning WT, Uddin I, Sofia SN, Utami SB, Ksl E. Perbedaan Profil Lipid Pada Pasien Dengan Angina Pektoris Stabil Dan Sindroma Koroner Akut. Diponegoro Med J (Jurnal Kedokt Diponegoro). 2018;7(2):1109–21.

Muhibbah M, Wahid A, Agustina R, Illiandri O. Karakteristik Pasien Sindrom Koroner Akut Pada Pasien Rawat Inap Ruang Tulip Di Rsud Ulin Banjarmasin. Indones J Heal Sci. 2019;3(1):6.

Chusnul Chotimah, Elfira Sri Futriani. Perbedaan Tingkat Nyeri Pada Pasien Angina Pektoris. J Antara Keperawatan. 2022;5(2).

Nurarif, Amin Huda, Kusuma Hardhi. Plikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & Nanda (North American Nursing Diagnosis Association) NIC-NOC. 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.52741/jiikes.v9i2.82