APLIKASI TERAPI BRANDT DAROFF EXERCISE TERHADAP PENURUNAN GANGGUAN KESEIMBANGAN PADA PASIEN YANG MENGALAMI VERTIGO

Chantika Septidianti, Yulia Indah Permata Sari

Abstract


Latar Belakang: Vertigo bisa disebabkan adanya gangguan keseimbangan pada telinga bagian dalam atau bagian vestibular dan kemungkinan disebabkan oleh gangguan pada otak. Keluhan utama yang paling sering vertigo, diantaranya perasaan panas dingin, mual muntah, perasaan pusing, sakit kepala, tidak dapat berdiri, jantung berdebar debar, kehilangan keseimbangan keringat berlebih dan lemah. Pusing adalah keluhan utama pasien yang melaporkan vertigo berat dan mengalami keseimbangan yang berubah Upaya yang dapat dilakukan adalah latihan Brandt-Daroff metode rehabilitasi untuk kasus vertigo, senam vertigo memberikan efek meningkatkan darah ke otak sehingga dapat memperbaiki fungsi alat keseimbangan tubuh dan memaksimalkan kerja dari sistem sensori.

Metode: Menggunakan desain Laporan kasus (case report). Subjek yang digunakan pasien vertigo yang mengalami penurunan keseimbangan, Instrumen yang digunakan adalah Vertigo Symptom Scale Short. Analisa: Analisa data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dengan melihat skor Vertigo Symptom Scale Short dari hari pertama sebelum dilakukan Terapi Brandt-darrof sampai hari terakhir.

Hasil: Pada 3x pemberian intervensi dapat dilihat penurunan Skor Vertigo Symptom Scale Short Form secara berkala. Hasil menunjukkan bahwa gejala vertigo yang dialami pasien dapat berkurang setelah dilakukan terapi Brandt Daroff. Kesimpulan: Pengaplikasian terapi fisik Brandt Darrof menunjukkan adanya perubahan dan memperoleh hasil yang optimal dan terdokumentasi dengan baik. Terapi ini baik dilakukan pada pasien vertigo.

Kata Kunci: Terapi fisik Brandt Daroff. Vertigo Symptom Scale, Vertigo.


References


Sjahrir. (2018). Nyeri Kepala dan Vertigo. Yogyakarta: Pustaka Cendekia Press.

Zwergal, A. (2019). Vertigo and Dizziness in The Emergency Room. Neuro- otology, 1-9.

Suhail, A. (2019). Management of Patient with Posterior Canal Benign Paroxymal Position Vertigo Using Semont Method and Brandt Daroff Exercise: A Case Report. Think India Journal, 220-225.

Herlina, A. (2019). Efektifitas Latihan Brandt Daroff Terhadap Kejadian Vertigo Pada Subjek Penderita Vertigo. Jurnal Medika Saintika, 11-16.

Amin, M. (2020). Pengalaman Pasien Vetigo Di Wilayah Kerja Puskesmas Lingkar Timur. Jurnal Kesmas Asclepius, 22-33.

Nadesul, H. (2018). Menyayangi Otak, Menjaga Kebugaran, Mencegah Penyakit, Memilih Makanan. Jakarta: Buku Kompas.

Kusumaningsih, W. (2015). Pengaruh Latihan Brandt Daroff dan Modifikasi Manuver Epley Pada Vertigo Posisi Paroksimal Jinak. ORLI Volume 45 No 1, 43- 52.

Sumarliyah, E. (2019). Pengaruh Senam Vetigo (Canalith Reposition Treatment) Terhadap Keseimbangan Tubuh Pada Pasien Vertigo. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Volume 4 No 1, 150-155.

Hastuti, P. T. (2017). Pengaruh Latihan Brandt Daroff Terhadap Keseimbangan Dan Risiko Jatuh Pada Pasien Benign Paroxismal Positional Vertigo Di RSUD dr. Soedono Madiun. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Andika Herlina, I. V. (2018). Efektifitas Latihan Brandt Daroff Terhadap Kejadian Vertigo Pada Subjek Penderita Vertigo. Jurnal Medika Saintika, Vol.8 Nmr 2.

Fithriana. (2020). Latihan Terapi Fisik Brandt Daroff Untuk Menurunkan Kejadian Vertigo Pada Lansia Melalui Poster. Malaysian Palm Oil Council, 21(1), 1-9. http://mpoc.org.my/malaysi n-palm-oil-industry/




DOI: http://dx.doi.org/10.52741/jiikes.v9i2.81