HUBUNGAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA RUANGAN TERHADAP KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT Dr. BRATANATA KOTA JAMBI

Devi Yusmahendra, Yusnilawati Yusnilawati

Abstract


 

Abstrak

Latar Belakang : Perilaku pemimpin dalam melaksanakan fungsi manajerial dalam mempengaruhi akan tercermin melalui gaya kepemimpinannya. Gaya kepemimpinan adalah ciri khas yang dimiliki seseorang dalam menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin. Di dalam keperawatan, kepemimpinan merupakan ketrampilan seorang pemimpin dalam mempengaruhi perawat–perawat lain yang berada di bawah pengawasannya untuk pembagian tugas dan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan sehingga tujuan keperawatan tercapai. Kepemimpinan demokratis menunjukkan bahwa semua kebijaksanaan dan keputusan di musyawarahkan, diberi semangat dan dibantu oleh pimpinan. Kepemimpinan demokratis menitik beratkan masalah aktivitas setiap anggota kelompok yang semuanya terlibat aktif dalam penentuan sikap, pembuatan rencana-rencana dan pembuatan keputusan penerapan.

Tujuan : penelitian ini adalah Mengetahui gambaran dan hubungan gaya kepemimpinan demokratis kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di Rumah Sakit Dr. Bratanata Kota Jambi. Metode :Penelitian menggunakan penelitian deskriptif analisis menggunakan cross sectional. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar, gaya kepemimpinan demokratis yang optimal sebanyak 26 responden (72,2%).

Hasil : penelitian menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis terhadap kepuasan kerja perawat di rumah sakit Dr. Bratanata Kota Jambi dengan nilai p-value = 0,000. Kepala ruangan dapat menerapkan gaya kepemimpinan demokratis agar kepuasan kerja perawat lebih meningkat.

Kesimpulan : Sebagian besar, gaya kepemimpinan demokratis yang optimal, dan gaya kepemimpinan yang demokratis sangat berpengaryh terhadap kepuasan kerja perawat.

 

Kata kunci : Kepemimpinan, demokratis, kepuasan kerja




DOI: http://dx.doi.org/10.52741/jiikes.v9i1.64