Intervensi Pendidikan Gizi Terhadap Body Mass Index (Bmi) Pada Anak Usia Sekolah Dengan Obesitas : A Systematic Review

Rina Oktaria, Vina Dwi Lestari, Bettrianto Bettrianto

Abstract


 

Latar Belakang : Salah satu masalah gizi yang terjadi pada anak-anak dan mendapatkan perhatian khusus di dunia kesehatan adalah obesitas.

Tujuan : penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh intervensi pendidikan gizi terhadap body mass index (BMI) pada anak usia sekolah dengan obesitas.

Metode : penelitian ini dimulai dari pencarian data menggunakan lima database yaitu Science Direct, Taylor & Francis Online (Tandfonline), PubMed, Google Scholar dan SAGE dengan rentang tahun 2015-2020 dengan jumlah 1.100 artikel. Artikel dicari dengan kata kunci “intervention AND nutrition AND obesity AND primary school”. Ditemukan 19 artikel memenuhi kriteria yang dinilai menggunakan the JBI critical appraisal tools.

Hasil : telaah artikel yang telah dilakukan adalah pendidikan gizi diberikan dengan berbagai metode seperti ceramah, demonstrasi, kelompok kecil dan seminar. Media yang diberikan adalah leaflet, booklet, modul, komik, video dan poster. Setting pemberian pendidikan gizi dilakukan dengan school setting dengan hanya melibatkan anak dan family based setting yang melibatkan anak dan orang tua/wali.

Kesimpulan : dari telaah artikel ini adalah  metode yang bisa diberikan adalah metode ceramah dengan durasi waktu minimal 15 menit dan durasi waktu maksimal adalah 90 menit. Media yang bisa diberikan adalah leaflet, booklet dan video dengan materi yang dilampirkan adalah tentang konsep obesitas, gizi seimbang dan piramida pangan sehat terkait gizi dan aktivitas fisik. Rekomendasi dalam penelitian adalah melakukan intervensi pendidikan gizi secara rutin untuk mengatasi obesitas pada anak usia sekolah.

 

Kata Kunci: Anak Usia Sekolah, BMI, Obesitas, Pendidikan Gizi




DOI: http://dx.doi.org/10.52741/jiikes.v9i1.63