PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DALAM PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI PUSKESMAS SIMPANG KAWAT KOTA JAMBI

Yusnilawati Yusnilawati, Devi Yusmahendra

Abstract


Status gizi menjadi bagian yang penting dalam mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan anak. Dengan status gizi yang baik dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak untuk mencapai kematangan yang optimal. MP-ASI adalah Asupan nutrisi berupa makanan tambahan selain ASI yang diberikan pada anak berusia diatas 6 bulan keatas. Cara pemberian MP-ASI tergantung dari informasi yang diperoleh oleh ibu. Pengetahuan dan sikap ibu menentukan keputusan untuk pemberian MP-ASI yang tepat. Pemberian MP-ASI yang tidak tepat waktu dapat mengakibatkan hal-hal yang merugikan. Dampak yang terjadi apabila pemberian tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan gizi tubuh anak terhadap tumbuh kembangnya akan mengakibatkan berbagai resiko pada anak diantaranya mengalami pertumbuhan yang lambat, asupan zat gizi yang kurang sehingga mengakibatkan anak beresiko mengalami anemia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana gambaran pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian MP-ASI pada anak usia 6 – 24 bulan di Puskesmas Simpang Kawat Kota Jambi.

Penelitian ini menggunakan metoda kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif, yaitu suatu metoda penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk membuat gambaran tentang suatu keadaan atau populasi. Pendekatan yang digunakan dengan cara cross sectional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 311 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 81 responden. Dengan menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quisioner. Analisa data univariat menggunakan distribusi frekuensi  gambaran pengetahuan dan sikap ibu dalam pemberian MP-ASI pada anak usia 6 – 24 bulan.

Dari hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden berusia 26-35 (dewasa awal) sebanyak 47 responden (58%). Pendidikan terakhir responden sebagian besar SMA sebanyak 44 orang (54,3%). Sebanyak 65 responden (80,2%) bekerja sebagai IRT dan 48 responden (59,3%) merupakan data anak pertama. Dan untuk hasil penelitian pengetahuan, mayoritas pengetahuan ibu baik yaitu sebanyak 63 responden (77,8%) dan mayoritas sikap ibu cukup baik sebanyak 63 responden (77,8%).

Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukan gambaran pengetahuan ibu baik yaitu sebanyak 63 responden (77,8%) dan mayoritas sikap ibu cukup baik sebanyak 63 responden (77,8%).


References


K,F.A., Hamsa, idawati B.A., Darmiati, Hermawan, A. & Muhajir, A. M. Strategi Menurunkan Gizi Kurang Pada Balita. (CV BUDIUTAMA, 2021).

Arsyad, G.,Silfia, N. N. & Faina. Pemberian Makanan Pendamping AIR SUSU IBU (MP-ASI). (Penerbit adab, 2021).

World Health Organization. Complementary feeding of young children in developing countries: a review of current scientific knowledge. Geneva. (2018)

Riskesdas. Hasil Utama Riset Kesehatan dasar (RISKESDAS). (2018).

Dinas Kesehatan Kota Jambi. Data Status Gizi. (2022).

Andayani, K., Kuswati & hayatullah, M. M. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Prilaku Ibu Terhadap Status Gizi Anak Usia 6 bulan sd 24 bulan di Kecamatan Bojobonggede Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Tahun 2023.

Lestriarini, S. & Sulistyorini, Y. Perilaku Ibu pada Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) di Kelurahan Perigian. J.PROMKES 8, 1 (2020).




DOI: http://dx.doi.org/10.52741/jiikes.v10i1.101