GAMBARAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP UPAYA KEKAMBUHAN ULANG PASIEN GASTRITIS

Lisa Anita Sari, Rian Maylina Sari

Abstract


Gastritis merupakan salah satu penyakit psikomatik yang dapat dialami oleh setiap orang, hal tersebut dapat timbul dan sembuh sendiri. Gastritis merupakan kasus yang umum diderita oleh kalangan masyarakat, sehingga perlu untuk dapat mencegahnya. Dalam hal ini dukungan keluarga sangat penting agar gastritis tidak berlanjut ketahapan yang lebih parah seperti nyeri pada ulu hati, yang terkadang disertai mual sampai muntah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dukungan keluarga terhadap upaya kekambuhan ulang pada pasien gastritis di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Pinang, Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisi univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden 71,7% memiliki dukungan emosional baik, mayoritas responden 83,7% memiliki dukungan instrumental baik, sebagian besar responden 67,4% memiliki dukungan informasi kurang baik dan sebanyak 58,7% responden memiliki dukungan penghargaan kurang baik. Diharapkan agar petugas kesehatan untuk terus memberikan penyuluhan tentang pentingnya melakukan upaya kekambuhan ulang pada pasien gastritis, menjelaskan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti agar responden dapat memahami dengan baik dan juga dengan cara memberikan leaflet, brosur, dan kegiatan promotif lainnya seperti melakukan diskusi bersama.

Kata kunci : Dukungan Keluarga, Gastritis


References


LeMone, Priscilla., Burke, Karen. M, and Bauldoff, Gerene. 2016. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah: Gangguan Endokrin. Volume 2, Edisi 5. Jakarta: EGC.

Smeltzer, S. C, and Barre, B. G. 2018. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Edisi 8. Jakarta: EGC.

WHO. 2017. Global Report on Gastritis. France: World Health Organization.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Riset kesehatan Dasar (RISKESDAS). Jakarta: Balitbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Tania, Mery., Irawan, Erna., Anggraeni, Dhestirati, Endang, and Afilia, Nabila. 2023. Gambaran Kekambuhan Gastritis. Jurnal keperawatan BSI. Volume 11. Nomor 2.

Rosiani, Novi., Bayhakki, and Indra, Rani, Lisa. 2020. Hubungan Pengetahuan Tentang Gastritis Dengan Motivasi Untuk Mencegah Kekambuhan Gastritis. 2020. Jurnal Ilmu Keperawatan ( Journal of Nursing Sciences) Al-Asalmiya Nursing. Volume 9. Nomor 1.

Asih, Lilik. R. R., Nisak, Raudhotun, and Sandi, Yudisa. D. L. 2022. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Dukungan Keluarga terhadap Perilaku Pencegahan Gastritis pada Remaja di Dusun Gebang Desa Walikukun Kecamatan Widodaren Kabupaten Ngawi. Cakra Medika. Volume 9. Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.52741/jiikes.v10i1.100